Blogroll

Bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa mengajarkan suatu ilmu, maka dia mendapatkan pahala orang yang mengamalkannya, tidak mengurangi dari pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun".
"Barangsiapa dikehendaki baginya kebaikan oleh Allah, maka Dia akan memberikan PEMAHAMAN AGAMA kepadanya.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037)

Pages

Senin, 13 Juni 2011

Minuman Lemon Bermanfaat Cegah Batu Ginjal



Minuman soda diet terutama dengan rasa lemon atau citrus, dapat membantu mengurangi kelebihan kalsium yang kemudian membentuk batu ginjal. Lemon yang kaya kandungan sitrat diketahui dapat mencegah penggumpalan kalsium.

Demikian diungkap para peneliti pada pertemuan para ahli urologi yaitu American Urological Association di Chicago.

Sekitar 10% dari warga Amerika serikat mengalami pembentukan batu ginjal akibat persediaan kalsium berlebihan, pada satu titik kehidupan mereka. Dari sekitar 1/3 dari kasus yang diteliti, hal itu terjadi karena mereka urin yang dikeluarkan tidak mengandung sitrat yang cukup. Demikian diungkapkan pemimpin studi sekaligus Urolog University of California San Francisco, Dr. Brian Eisner.

Penelitian sebelumnya membuktikan Pottasium Citrate dan pil lain dapat membantu mengatasi masalah tersebut, sama halnya dengan minuman yang terbuat dari lemon yang kaya kandungan asam sitrat.

Namun studi itu memperluas ide mengenai seberapa banyak manfaat sitrat yang sudah dikemas dalam diet soda. Para peneliti tidak menggunakan minuman soda yang biasa karena cenderung mengandung gula yang tidak sehat.

"Mereka mengukur kandungan tertentu pada soda diet yang diketahui memiliki kemampuan untuk menghancurkan batu ginjal," ujar ahli bedah dari Texas A&M Health Science Center College of Medicine, Dr. Patrick Lowry.

Delapan jenis soda mengandung lebih banyak atau kandungan sitrat yang sama dengan kandungan lemon asli. Beberapa diantaranya yaitu Diet Sunkist Orange, Diet 7-Up dan Diet Canada Dry. Sedangkan diet coke with Lime tidak mengandung sitrat sama sekali.

"Hal itu sangat menyenangkan karena pasien memang harus banyak minum untuk melindungi mereka dari batu ginjal," tutur Eisner.

Rekomendasi terbaru menyarankan agar orang yang memiliki batu ginjal mengonsumsi cairan hingga dua liter per hari.

Namun, sebagian ahli lain tidak menyetujui hasil penelitian tersebut. "Saya pikir sangt tidak masuk akal jika orang yang mengalami batu ginjal diminta untuk minum soda diet," ujar ahli bedah dari Mount Sinai Medical Center di New York, Dr. Michael Palese.

Dia menambahkan, kandungan lain dari minuman jenis soda diet seperti kafein justru dapat menjadi gangguan karena menyebabkan dehidrasi. "Air merupakan pilihan yang terbaik," tegasnya.

Menanggapi hal itu, Eisner mengatakan, kemungkinan untuk minuman soda diet mengurangi batu ginjal bukan untuk semua orang. Untuk orang-orang dengan sitrat yang rendah, bisa jadi bukan pilihan yang baik.
(muslimdaily.net/entt/rpblk)

0 komentar:

Poskan Komentar

Jazakallah