Blogroll

Bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa mengajarkan suatu ilmu, maka dia mendapatkan pahala orang yang mengamalkannya, tidak mengurangi dari pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun".
"Barangsiapa dikehendaki baginya kebaikan oleh Allah, maka Dia akan memberikan PEMAHAMAN AGAMA kepadanya.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037)

Pages

Selasa, 28 Juni 2011

Diet Sehat Bagi Wanita, Diusia Yang Tak Lagi Muda


Wanita, khususnya yang tak lagi muda, dianjurkan untuk lebih hati-hati bila ingin menjalankan diet. Sebab, kemampuan tubuh mereka untuk menyerap kalsium telah berkurang dan mungkin rentan mengalami kelemahan pada sendi serta patah tulang.

Dikutip dari laman Shine, agar para manula aman dalam menjalani diet, maka dianjurkan makanan yang mereka konsumsi harus terlebih dulu dimasak secara lembut sehingga mudah dikunyah.

Nah, agar para manula bisa tetap sehat di usia senja, berikut ini pedoman diet secara lebih rinci yang bisa menjadi jadi acuan.

Buah
Mengonsumsi banyak buah-buahan dan bervariasi sangat baik dan dianjurkan untuk manula. Dua sampai tiga kali sehari makan buat, akan memberikan manfaat sebagai antioksidan dan mencegah sembelit.

Telur
Putih telur adalah sumber protein yang baik untuk perbaikan sel-sel yang usang termasuk jaringan. Untuk vegetarian, paneer terbuat dari susu rendah lemak bisa menjadi pengganti putih telur.

Minyak Zaitun
Penggunaan Minyak zaitun adalah media memasak yang baik karena keduanya bisa mencegah kolesterol tinggi dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

Makanan kecil

Mengonsumsi makanan kecil yang sehat akan membantu pencernaan dan mencegah kelelahan. Selalu meninggalkan rumah Anda dengan snack sehat di tas. Hal ini penting untuk menghindari makan berlebih di luar.

Sayuran
Sayuran sup tanpa krim dan agen pengental adalah makanan yang sehat dan bisa dikonsumsi malam hari.

Hindari makanan berpengawet
Sebaiknya, hindarilah makan makanan olahan dengan warna buatan dan pengawet.

Kalium
Makanan kaya kalium seperti biji cumin (zeera), limau manis, biji fenugreek (methi) dan air kelapa, baik untuk fleksibilitas otot, mencegah retensi air dan bengkak. Mereka juga berkontribusi untuk menjaga tekanan darah.

Bubur
Sarapan bubur oat adalah sarapan yang sangat baik untuk para manula yang tengah diet.

Minum cukup

Minum sekitar 1,5 liter air sehari untuk mencegah dehidrasi. Di usia tua, Anda rentan mengalami densitas otot dan rentan terhadap dehidrasi, terutama di musim panas.

Masak secara benar
Jangan terlalu lama memasak makanan hingga lunak, hal ini bisa menghancurkan nutrisi penting di dalamnya. Sebaliknya, pilih makanan yang perlu sedikit waktu untuk memasak.

Olahraga
Berolahraga secara teratur, meregangkan otot untuk menjamin penyerapan nutrisi dengan baik.

Tetapi, sebelum diet dilakukan, ahli gizi dan konsultan kesehatan, Sveta Bhassin, mengatakan, “Jika Anda menderita gangguan kesehatan, berkonsultasi dengan konsultan nutrisi yang profesional untuk kebutuhan pribadi Anda.”

0 komentar:

Poskan Komentar

Jazakallah