Blogroll

Bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa mengajarkan suatu ilmu, maka dia mendapatkan pahala orang yang mengamalkannya, tidak mengurangi dari pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun".
"Barangsiapa dikehendaki baginya kebaikan oleh Allah, maka Dia akan memberikan PEMAHAMAN AGAMA kepadanya.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037)

Pages

Senin, 13 Juni 2011

Apakah Baik Tidur Dalam Keadaan Lapar?



Ketika usai bekerja lembur ataupun mengerjakan tugas hingga tengah malam, tidak sedikit orang masih mencari makanan enak untuk memanjakan dirinya setelah seharian letih bekerja. Banyak pula yang beranggapan bahwa tidur dalam keadaan lapar tidak baik bagi tubuh, namun benarkah demikian?

Baru-baru ini, ilmuwan medis Jepang mengadakan riset tentang kebiasaan makan terhadap sekelompok orang berusia 30-40 tahun. Mereka menemukan bahwa 38.4 % penderita kanker lambung, memiliki kebiasaan jam makan malam yang tidak teratur.

Selaput kelenjar lambung adalah suatu lapisan yang menyelimuti seluruh permukaan lambung, terdiri dari bermacam-macam zat dan termasuk salah satu kelenjar yang cukup rumit. Usia sel-sel dalam selaput kelenjar tersebut sangat pendek, kira-kira hanya 2-3 hari, setelah itu harus digantikan (regenerasi) dengan sel-sel baru.

Proses regenerasi ini biasanya berlangsung pada malam hari, yakni ketika lambung dan usus beristirahat.

Sehingga jika kita sering makan diatas jam makan malam (tengah malam), dapat menyebabkan lambung dan usus tidak dapat beristirahat serta melakukan proses regenerasi dengan sempurna.

Selain itu, apabila kita langsung tidur usai makan tengah malam, makanan akan mengendap lebih lama dalam lambung, sehingga akan menimbulkan rangsangan dalam lambung untuk mengeluarkan lebih banyak cairan kelenjar. Bila rangsangan ini terjadi dalam jangka waktu lama, dapat mengakibatkan selaput kelenjar lambung menjadi busuk dan menyebabkan luka sehingga daya tahan tubuh jadi menurun.

Lebih parah lagi jika makanan tersebut mengandung zat penyebab kanker, seperti makanan yang diproses dengan cara digoreng, dibakar ataupun dipanggang. Jika mengendap lama dalam lambung, dapat berakibat buruk bagi selaput kelenjar lambung dan akhirnya menimbulkan penyakit kanker lambung.

[muslimdaily.net/EBaru]

0 komentar:

Poskan Komentar

Jazakallah