Blogroll

Bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa mengajarkan suatu ilmu, maka dia mendapatkan pahala orang yang mengamalkannya, tidak mengurangi dari pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun".
"Barangsiapa dikehendaki baginya kebaikan oleh Allah, maka Dia akan memberikan PEMAHAMAN AGAMA kepadanya.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037)

Pages

Selasa, 28 Juni 2011

Apakah Kopi Baik Untuk Kesehatan?


Apakah Anda seorang coffeeholic sejati? Jika ya, tentu sangat sulit melewatkan hari tanpa segelas kopi hitam bukan? Ya, kebiasaan ini pun lambat laun menjadi sebuah kecanduan yang tidak menyehatkan. Namun sepertinya sekarang ketakutan itu tak perlu dikhawatirkan lagi. Pasalnya, ada sebuah penelitian  yang membuktikan bahwa kopi memiliki manfaat kesehatan. Berikut paparannya, seperti dilansir Health Me Up.

Sisi positif kopi

Ternyata, kafein membantu rangsangan produksi adrenalin dan kortison. Hal ini akan membantu reaksi ganda dalam melawan tubuh Anda, yakni membantu penurunan risiko penyakit kardiovaskular, kanker dan diabetes tipe 2.

Manfaat lainnya adalah bahwa kopi dapat menambah asupan kalori Anda ketika Anda tidak menambahkan porsi gula di dalamnya atau krim. Jika ditakar, 5 ons kopi hanya mengandung 6 kalori. Sementara ketika Anda menambahkan satu sendok teh gula kemungkinannya akan bertambah hingga 23-27 kalori. Pengaruh positif lainnya adalah pada orang dengan tekanan darah rendah, kopi dapat membantu mereka menaikkan tekanan darah secara langsung.

Sisi buruk kopi

Minum kopi ternyata dapat menyebabkan lonjakan antioksidan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kopi secara berlebihan juga dapat menyebabkan rasa mulas dan memperburuk masalah pencernaan. Dalam kasus yang ekstrem, meminum kopi secara berlebihan akan mengalami gangguan perut dengan sering buang air besar.

Meminum kopi dengan berlebihan pun dapat menyebabkan “kegelisahan yang berlebih.” Ini adalah suatu kondisi di mana seseorang secara kompulsif meminum kafein dalam jumlah yang besar. Dalam beberapa kasus ekstrem, hal ini akan mengakibatkan kecemasan dan perubahan pola tidur. Terakhir, kafein diakui sebagai diuretic ringan jika terbiasa mengonsumsi 5-6 cangkir kopi sehari. Untuk jangka panjang, jika terlalu banyak minum kopi maka keasaman yang dihasilkan kopi akan menyebabkan gangguan mulas ringan. Jadi, sebaiknya konsumsilah kopi dengan takaran yang ringan dan tetap terkontrol.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jazakallah