Blogroll

Bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa mengajarkan suatu ilmu, maka dia mendapatkan pahala orang yang mengamalkannya, tidak mengurangi dari pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun".
"Barangsiapa dikehendaki baginya kebaikan oleh Allah, maka Dia akan memberikan PEMAHAMAN AGAMA kepadanya.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037)

Pages

Senin, 13 Juni 2011

Makanan yang Punya Manfaat Lebih untuk Para Lelaki dan Perempuan



Makanan yang Punya Manfaat Khusus untuk Lelaki
1. Tomat
Lelaki yang banyak memakan tomat atau makanan yang banyak mengandung tomatnya, akan terbendung dari penyakit kanker prostat. Peneliti di Harvard menemukan bahwa laki-laki yang mengonsumsi tomat 2-4 kali dalam seminggu 35% lebih rendah memiliki risiko terkena kanker prostat dibanding yang tak mengonsumsi tomat. Ternyata di dalam tomat ada pigmen yang bernama lyopense yang berfungsi menyerap penyebab kanker prostat. Pigmen ini akan berfungsi lebih baik jika dimasak dengan lemak.

2. Tiram
Mitos menyebutkan tiram adalah makanan cinta. Ilmu pengetahuan ternyata sependapat dengan itu. Satu hingga tiga tiram yang disuguhkan dalam sehari bisa menyuplai cukup zinc (seng), mineral yang berfungsi menormalkan fungsi reproduksi pria. Para ilmuwan menemukan bahwa dari penelitian terhadap 22 orang yang diberi zinc dalam waktu 45-50 hari ternyata jumlah spermanya meningkat. Rekomendasinya, konsumsi zinc 11 mg per hari baik untuk pria. Namun, harap pula diingat, jika lebih dari 40 mg, unsur ini justru bisa mengundang risiko kesehatan.
3. Brokoli

Hasil penelitian baru-baru ini menemukan bahwa sayuran seperti brokoli bisa mencegah kanker kantung kemih. Para ilmuwan meneliti pola makan dari 50.000 laki-laki dan menemukan bahwa mereka yang memakan 5 kali sajian menu vegetarian tiap minggunya, hanya memiliki risiko separuhnya untuk terkena kanker kantung kemih dibanding yang tidak memakan sajian penuh menu vegetarian sama sekali untuk 10 tahun ke depan. Dalam hal ini, brokoli dan kol mencegah terjadinya kanker kantung kemih.

4. Selai Kacang Tanah
Jika ingin jantung sehat, pertimbangkan untuk memanggang roti dengan selai kacang tanah tiap pagi. Hasil penelitian dari Pennsylvania State University menunjukkan bahwa selai kacang tanah meskipun kadar lemaknya tinggi, namun kebanyakan lemaknya merupakan lemak tak jenuh sehingga baik untuk kesehatan. Akan tetapi, jangan terlalu banyak, karena kacang mengandung kalori yang tinggi.



5. Semangka

Lelaki yang menjelang usia 55 tahun cenderung memiliki tekanan darah lebih tinggi dibanding kaum perempuan. Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang mengandung potasium dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke. Konsumsi potasium yang dianjurkan adalah sekitar 2.000 mg per hari. Salah satu buah-buahan yang kaya akan potasium adalah semangka yang mengandung 664 mg dalam satu potongan besar dibanding pisang dan jus jeruk.
Makanan yang Punya Manfaat Khusus untuk Perempuan

1. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dibanding jeruk. Karena itu, pepaya baik untuk mencegah sakit empedu, di mana kaum perempuan memiliki risiko 2 kali lipat lebih banyak terserang dibanding laki-laki. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kaum perempuan yang konsumsi vitamin C-nya rendah sering mengalami sakit empedu. Namun hal ini bisa diatasi dengan sepotong pepaya (10 ons) dengan kandungan 188 mg vitamin C dan 119 kalori setiap harinya.

2. Flaxseed

Flaxseed adalah sejenis sereal yang diperoleh dari biji bunga flax (linum usitatissinum) yang terdapat di Amerika dan Kanada. Para pembuat roti umumnya menambahkan biji-bijian flax untuk menambah flavour. Dari hasil penelitian tampak bahwa penambahan flaxseed pada makanan bisa memperlambat pertumbuhan kanker payudara. Gampangnya, ambil sesendok flaxseed dan masukkan ke dalam makanan setiap pagi.


3. Tahu

Makanan yang terbuat dari sari kacang kedelai ini memiliki protein yang bisa menurunkan kolesterol dan menguatkan tulang belakang. Penyebabnya adalah isoflavon yang terdapat didalam kedelai yang memiliki struktur sama dengan hormon estrogen pada wanita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90 mg isoflavon bagus untuk tulang. Penelitian lain menunjukkan bahwa ukuran setengah cangkir tahu mengandung 25-35 mg isoflavon.

4. Daging dan hati

Perempuan karena memiliki masa menstruasi cenderung akan mengalami anemia (kurang darah) lebih banyak dibanding kaum laki-laki. Tak hanya itu, bagi perempuan hamil, kebutuhan zat besi makin meningkat. Bila kadar zat besi dalam darah rendah, akan menyebabkan para perempuan mudah kelelahan. Para ahli menganjurkan bagi perempuan hamil dan menstruasi, untuk mengonsumsi zat besi 50% lebih banyak dibanding saat-saat biasa. Untuk mendapatkan jumlah zat besi dalam darah yang cukup, coba konsumsi daging atau hati. Sebab, dalam daging dan hati terkandung cukup banyak zat besi yang lebih mudah diserap tubuh dibandingkan makanan lainnya.

5. Sayuran hijau

Manfaat syuran hijau sudah sering didengar sebagai sumber zat besi, kalsium dan sebagainya. Tetapi sayuran seperti bayam bisa bermanfaat untuk memerangi osteoporosis (penyakit tulang) bagi kaum perempuan yang beranjak tua. Dalam sejumlah penelitian disebutkan jumlah kalsium dan vitamin D yang memadai ditambah dengan vitamin K bisa melindungi tulang dengan baik. Dan juga perempuan yang mengonsumsi vitamin K setidaknya 109 mg setiap harinya, bisa terlindungi dari retaknya tulang belakang dalam kurun waktu 10 tahun ke depan dibanding mereka yang kurang mengonsumsi makanan tersebut. Vitamin K banyak terdapat pada sayur-sayuran yang berwarna hijau tua, seperti bayam, brokoli dan sejenisnya.
Nah, ternyata jenis makanan terbaik untuk dikonsumsi juga bergantung pada jenis kelamin kita. Kebanyakan yang sering kita makan, mungkin sejauh ini kita tak peduli. Tetapi lebih baik memulainya, terutama jika gejala kurang baik dari kesehatan kita sudah mulai terasa.[muslimdaily.net/kasks]

0 komentar:

Poskan Komentar

Jazakallah