Blogroll

Bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa mengajarkan suatu ilmu, maka dia mendapatkan pahala orang yang mengamalkannya, tidak mengurangi dari pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun".
"Barangsiapa dikehendaki baginya kebaikan oleh Allah, maka Dia akan memberikan PEMAHAMAN AGAMA kepadanya.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037)

Pages

Jumat, 22 Juli 2011

Membungkuk Untuk Selain Allah Adalah Haram

Soal :
Apakah boleh membungkuk untuk menghormati orang yang terhormat atau orang yang sudah tua, atau salah satu dari orang tua, sebagai ganti dari ucapan: “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh”?

Jawab :
Al-Hamdulillah. Penghormatan yang dikenal dalam Islam adalah ucapan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh”, berdasarkan firman Allah:
“Maka ucapkanlah salam kepada diri kalian sebagai penghormatan dari sisi Allah yang penuh berkah lagi baik..”
Banyak hadits yang diriwayatkan sehubungan dengan penghormatan itu. Adapun membungkuk, tidaklah boleh, kecuali kalau orang yang diberi salam itu sudah tua sehingga tidak mampu berdiri, atau kalau salah satu orang tua kita sedang duduk dan kita tidak ingin ia bangkit, sehingga memberatkannya untuk bangun dan menyalami serta memeluk kita. Kalau dalam kondisi itu kita membungkuk dan mencium kepalanya atau keningnya untuk menghormatinya, boleh-boleh saja, dan itu bukanlah termasuk membungkuk dalam arti beribadah kepadanya. Tidak diragukan lagi bahwa membungkuk itu adalah ibadah kepada Allah seperti dalam rukuk. Kalau itu dilakukan bukan untuk memberi salam atau mencium (yang lebih rendah tempatnya), maka itu jelas merupakan penghormatan kepada orang tersebut. Kala itu hukumnya adalah syirik.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jazakallah