Blogroll

Bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa mengajarkan suatu ilmu, maka dia mendapatkan pahala orang yang mengamalkannya, tidak mengurangi dari pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun".
"Barangsiapa dikehendaki baginya kebaikan oleh Allah, maka Dia akan memberikan PEMAHAMAN AGAMA kepadanya.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037)

Pages

Kamis, 21 Juli 2011

Awal Ramadhan 1 Agustus di Amerika Utara



Muslim di Amerika Utara diperkirakan akan memulai awal bulan suci Ramadan pada hari Senin, 1 Agustus menurut perhitungan astronomi.

"Hari pertama Ramadhan akan jatuh pada hari Senin 1Agustus 2011," kata Dewan Fiqih Amerika Utara (Fiqh Council of North America/FCNA) dalam sebuah pernyataan yang diperoleh OnIslam.net.

"Idul Fitri akan jatuh di hari Selasa 30 Agustus 2011."

Mengutip pernyataan FCNA, salah satu organisasi Islam Amerika Utara,  Islamic Society of North America (ISNA) juga mengatakan Ramadhan akan dimulai pada hari Senin 1 Agustus di Amerika Utara.

"ISNA mengikuti perhitungan dari Dewan Fiqih Amerika Utara," tambah pernyataan FCNA.

Baik FCNA dan ISNA menyatakan bahwa penggunaan metode hisab boleh digunakan untuk menentukan awal bulan bulan, termasuk Ramadan dan Syawal.

"FCNA mengakui perhitungan astronomi sebagai metode syar'i dapat diterima untuk menentukan awal bulan komariyyah termasuk bulan Ramadan dan Syawal," tambah pernyataan itu.

Hari pertama Ramadan dan penetuan awal bulan ramadhan dan syawal selalu menjadi isu kontroversial di antara negara-negara Muslim, dan bahkan banyak ulama yang berbeda pendapat atas masalah ini.

Umat Islam mendedikasikan waktu mereka selama bulan suci untuk lebih dekat dengan Allah melalui sholat, menahan diri dan perbuatan baik. Selain itu bulan ramadhan juga merupakan bulan Al Quran, bulan pengkajian Al Quran. Dalam sepuluh hari terakhir umat Islam juga disunnahkan untuk melakukan iktikaf di masjid.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jazakallah