Blogroll

Bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa mengajarkan suatu ilmu, maka dia mendapatkan pahala orang yang mengamalkannya, tidak mengurangi dari pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun".
"Barangsiapa dikehendaki baginya kebaikan oleh Allah, maka Dia akan memberikan PEMAHAMAN AGAMA kepadanya.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037)

Pages

Senin, 18 Juli 2011

Pengujian Kabut Garam


Alat uji kabut garam Bidang Konservasi Bahan
Pengujian kabut garam (Salt fog Test) merupakan tipe pengujian korosi yang dipercepat (Accelerated Corrosion Testing). Standar ujinya adalah ASTM B117, atau JIS K5400. Tujuan dari tipe pengujian ini yaitu untuk mensimulasikan di dalam lab perfoma sifat korosi suatu produk. Biasanya untuk pengujian produk-produk baru misalnya metallic coating material, new painting coating material dsb. Namun dingat bahwa pengujian kabut garam tidak sama sekali mewakili sepenuhnya kondisi lingkungan yang akan mempengaruhi komponen tersebut.
Sehingga hasil dari data-data pengujian kabut garam secara luas digunakan untuk spesifikasi data pengujian suatu produk, technical literature sebagai standar penerimaan komponen untuk konsumen.
Banyak para customer di industri yang menanyakan apakah bisa suatu alat uji kabut garam bisa memprediksi kapan terjadinya korosi pada lingkungan luar, jawabannya jells tidak bisa, ini karena lingkungan luar tidak hanya mengandung garam sodium klorida (NaCl) namun banyak sekali factor-fakornya antara lain humiditas, curah hujan, palutan (Sox, NOx, hydrocarbon) dan sebagainya. Sehingga sulit mengatakan bahwa dengan X jam simulasi mewakili Y tahun di lingkungan luar. Untuk menguji kapan terjadinya korosi di material harus diuji dan diekspos di lingkungan luar sesuai dengan standar ISO 9223.

1 komentar:

  1. ooo,begitu carax..
    bisa bagi e book untk welding gakkk???cz aq kurang revernsi...mohon dbls

    BalasHapus

Jazakallah