Blogroll

Bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa mengajarkan suatu ilmu, maka dia mendapatkan pahala orang yang mengamalkannya, tidak mengurangi dari pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun".
"Barangsiapa dikehendaki baginya kebaikan oleh Allah, maka Dia akan memberikan PEMAHAMAN AGAMA kepadanya.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037)

Pages

Rabu, 14 September 2011

No Time To Gossip.


sorry aku lagi sibuk
Assalamuallaikum!! begimana kabar semuaaa?
Teman-teman seakidah, sebangsa, setanah, dan seair, pembahasan kita kali niy, lumayan ajib deh. Tentang para gosipers en korban- korbannya. The gossipers kali niy definisinya adalah orang yang hobi ngabisin waktu hidupnya cuman buat ngebuat ditel daftar kekurangan en kesalahan orang lain. Mereka biasanya dilengkapi radar plus sinyal paling kuuuat buat ngepublish kejelekan orang laen. Noh liat, slalu aja laporan live langsung dari TKP yang trus disebar ke seantero sekolah, tetangga dll, dsb. Nah, bahan baku yang mereka buwat jadi gossip or skedar bcandaan sampe menjurus pada hal yang tak diinginkan, yaeto fitnah, pokoknya menyangkut aib en kekurangan orang lain. 
Mulutnya nggak kan abies jatah hurupnya yang bakal disusun buat tetap eksis dengan gelar raja or ratu gosip. Ciri khas mereka yaitu doyan banget yang namanya ............. tapi kebalikannya sob, mereka nggak banget kalo suruh bercermin. Scara lah, emang hobinya nyari kesalahan orang laen, trus pada mana sempat  ngaca buat diri sendiri en nyari kesalahan apalagih memperbaiki. belon lagih kalo temen sebelah pada sukses, beuuuh ada ajah caranya dia buat ngejatuhin. Dari yang cara simple ampe nebar fitnah lah. Makanya orang yang hobi ngegosip bakal jadi temen karib rasa sirik di ati. Ampunn deh cin,  aneh banget yach orang laen yang seneng kok jadi kamu yang darah tinggi, meriang komplikasi ama penyakit G6  alias (gue galau gituh guys). Bener deh, ksian banggets idup mereka. Gimana nggak mereka cuman bisa bahagia dengan ngejatohin orang lain. 
nah, khusus buat yang laki`, tar dulu... emang cowok juga ada yang the gossipers juga? widiiiww, jangan salah sob. area gosip nggak pake batas wilayah yow. Tapi rasanya jadi gemana getoh ya. co kan biasanya pada maen futsal, bola, minimal maen klereng laaahh. Kalo denger cowok pada ngegosip, rsanya nggak lakii banget gituh. 
yah lpas dari itu cewek ato cowok, yang namanya gosip tuh nggak penting. NGGAK. PENTING. ngebuang jatah hidup en nyia- nyiain tiket buat ntar jadi orang baek si surga. Bener- bener tak patut, but pantes dikasihani idup mereka tuh. Dengan gaya mereka yang seperti dijelasin diatas, justru orang bisa ngeliat banget bukti nyata tingkat kedewasaan nya. Ya gitu deh. 
Fiuhh, kalo ajah mereka nyadar yach, gimana jadinya nasib mereka ntar an di sono, pas idup di akherat sono. Ngerii sob.  Dari Abu Dawud , Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Pada malam ketika aku melakukan perjalanan malam (isra’), aku melewati suatu kaum yang mencakar wajahnya mereka dengan kuku mereka sendiri. Aku bertanya, ‘wahai Jibril, siapakah mereka itu?’ Jibril menjawab, ‘mereka adalah orang-orang yang menggunjing dan mencela kehormatan orang lain.’”
mangkanya pren, kamu gaul boleh ajah, temen ya tmen la, tapi kudu yang bisa ngebawa kita ke kutub positif . Kalo emang dengan punya temen, malah makin nambah dosa en nggak buat kita jadi lebih maju, nyatain ajah sorry ya lagih sibuk nich, ato gue-lo.. End!!. truz lanjutannya cari ajah temen gaul yang laen, yaah kta si eyang juga, dunia nggak semini daun kelor kan, slow down ajah teman. 
Dan buat korban- korbannya, yah udah pasti bisa ditebak la, tuh orang yang hobi ngegosip pasti bakal jadi public enemy Nomor satu. tapi pren, jangan pada sedih deh, walo mereka dah jelas- jelas nyakitin kamu dengan seribu satu fitnah en gosip yang nggak bener. Soalnya Diriwayatkan oleh Abu Ummah al-Bahili, di akhirat seorang akan terkejut apabila melihat cacatan amalan kebaikan yang tidak pernah dilakukannya didunia. Maka, dia berkata kepada Allah "Wahai Tuhan ku, dari manakah datangnya kebaikan yang banyak ini, sedangkan aku tidak pernah melakukannya". Maka Allah menjawab : "Semua itu kebaikan (pahala) orang yang mengumpat engkau tanpa engkau ketahui".
Masyaallah, buru- buru ajah nyudahin tuh yang namanya gosip.Soalnya selain ngebuat kita nggak pinter, btingkah kya gitu juga ngebuat kita rugi. Gimana nggak, capek- capek kebaikan kita kumpulin, en jatah hari nggak kan mungkin balik, eh ini malah dengan sante nya ngebuang- buang catatan kebaikan sendiri. Waw, super duper Rugi!!. Nah tar pas dah nrima buku amal yang bakal ngedisplay semua daftar dosa- dosa kita, walaah bakal nangis ampe bguling- guling karena nyesel kali` si orang- orang yang suka ngegosip tuh. Nggak percaya, cek yang dibawah niy okay!!
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, katanya Rasulullah bersabda : “Tahukah kamu apa arti  bangkrut / rugi?” Jawab para sahabat, “ Orang yang rugi menurut kami ialah orang yang tidak punya uang dan tidak punya harta.” Sabda Nabi, ” Sesungguhnya orang yang bangkrut  dari umatku ialah (orang) yang datang pada hari kiamat dengan membawa amalan shalat, puasa dan zakat, dan membawa dosa karena dia pernah mencaci-maki (menggunjing/meng-ghibah) orang lain (sesama muslim), menuduh-nuduh orang, pernah memakan harta orang, pernah membunuh orang serta dia pernah memukul orang lain. Kemudian dia menanti orang ini menuntut dan mengambil pahalanya (sebagai tebusan) dan orang itu mengambil pula pahalanya. Bila pahala-pahalanya habis sebelum selesai tuntutan dan ganti tebusan atas dosa-dosanya maka dosa orang-orang yang menuntut itu diletakkan di atas bahunya lalu dia dihempaskan ke api neraka.” (HR. Muslim no.2211)
pernah nggak pada mikir, kasian banget kan kalo sampe mereka yang kena jadi bahan gosip jadi di cap jelek?. Teman, semua orang tuh punya sisi baik dan buruk kok. Slama kita masih punya titel manusia, salah pasti tetep bakalan ada. Nich termasuk kamu juga loh.  So, kalo emang faktanya dia jelek, cobalah cari sisi bagusnya. 
Trus buat kamu yang udah ngerasa pernah ngegosipin siapapun, buru- buru minta maaf deh, soalnya Rasulullah S.A.W. bersabda : "Awaslah daripada mengumpat kerana mengumpat itu lebih berdosa daripada zina. Sesungguhnya orang melakukan zina, apabila dia bertaubat, Allah akan menerima taubatnya. Dan sesungguhnya orang yang melakukan umpat tidak akan diampunkan dosanya sebelum diampun oleh orang yang diumpat" (Hadis riwayat Ibnu Abib Dunya dan Ibnu Hibbad). 
Jangan lupa juga pren, ingetin temen- temen yang pada ikut klub gosipers, buat nggak nerusin semua perbuatan itu. Untung banget loh, Seperti yang disabdakan Nabi yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Tabhrani, “Barangsiapa yang membela kehormatan saudaranya yang sedang dipergunjingkan, maka Alloh akan membebaskannya dari api neraka.
Trakir, ...
En cukuplah Sabda Rasulullah S.A.W. dibawah niy, jadi warning buat kita semua,
"Wahai orang yang beriman dengan lidahnya tetapi belum beriman dengan hatinya! Janganlah kamu mengumpat kaum muslim, dan janganlah kamu mengintip-intip keaibannya. Sesungguhnya, sesiapa yang mengintip keaiban saudaranya, maka Allah akan mengintip keaibannya, dan dia akan mendedahkannya, meskipun dia berada dalam rumahnya sendiri" (Hadis riwayat Abu Daud)
Mulailah   kita buru- buru deh barang bentaran ajah pada puasa spik. Cuman ngomonk yang baek- baek en ngedenger yang baek- baek juga,Insyaallah bakal jadi rahmat buat kita en semua orang. Bukankah Allah nyiptain kekurangan ke semua manusia, biar manusia bisa belajar untuk stay humble sama yang laennya? ....
Assalamuallaikum!! Begimana kabar semuaaa?
Teman-teman seakidah, sebangsa, setanah, dan seair, pembahasan kita kali niy, lumayan ajib deh. Yaituw...tentang para gosipers en korban- korbannya.
Noh liat, slalu aja laporan live langsung dari TKP yang trus disebar ke seantero sekolah, tetangga dll, dsb. Dan...bahan baku yang mereka buwat jadi gosip or skedar bcandaan sampe menjurus pada hal yang tak diinginkan, yaeto fitnah, adalah tentang pokoknya menyangkut aib en kekurangan orang lain
Nggak bakal ada cerita bakal kram mulut, biar tetap eksis dengan gelar raja or ratu gosip. Seharian ngomongin orang pun nggak bakal capek, yang ada malah semangat ampe bdarah- darah deh mereka.
Tapi sayang pren, mereka nggak banget kalo suruh bercermin. Scara lah, emang hobinya nyari kesalahan orang laen, trus pada mana sempat  ngaca buat diri sendiri en nyari kesalahan apalagih memperbaiki. Biasanya mereka malah makin menjadi pas ngeliat temen sebelah pada sukses. Beuuuh ada ajah caranya dia buat ngejatuhin. Dari yang cara simple ampe nebar fitnah lah. Mangkanya nggak heran lah, kalo orang yang hobi ngegosip bakal jadi temen karib rasa sirik di ati. Hee...  aneh banget yach orang laen yang seneng kok jadi kamu yang darah tinggi, meriang komplikasi ama penyakit G6  alias (gue galau gituh guys). Bener deh, ksian banggets idup mereka. Gimana nggak mereka cuman bisa bahagia dengan ngejatohin orang lain. 
Nah, khusus buat yang laki`, tar dulu... emang cowok juga ada yang the gosiper juga? widiiiww, jangan salah sob. Area gosip nggak pake batas wilayah yow. Tapi rasanya jadi gemana getoh ya. Co kan biasanya pada maen futsal, bola, minimal maen klereng laaahh. Kalo denger cowok pada ngegosip, rsanya nggak lakii banget gituh. 
Yah lpas dari itu cewek ato cowok, yang namanya gosip tuh nggak penting. NGGAK. PENTING. Ngebuang jatah hidup en nyia- nyiain tiket buat ntar jadi orang baek si surga. Bener- bener tak patut, but pantes dikasihani idup mereka tuh. Dengan gaya mereka yang seperti dijelasin diatas, justru orang bisa ngeliat banget bukti nyata tingkat kedewasaan nya. Ya gitu deh. 
Fiuhh, kalo ajah mereka nyadar yach, gimana jadinya nasib mereka ntar an di sono, pas idup di akherat sono. Ngerii sob.  Dari Abu Dawud , Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Pada malam ketika aku melakukan perjalanan malam (isra’), aku melewati suatu kaum yang mencakar wajahnya mereka dengan kuku mereka sendiri. Aku bertanya, ‘wahai Jibril, siapakah mereka itu?’ Jibril menjawab, ‘mereka adalah orang-orang yang menggunjing dan mencela kehormatan orang lain.’”
Mangkanya pren, kamu gaul boleh ajah, temen ya tmen la, tapi kudu yang bisa ngebawa kita ke kutub positif . Kalo emang dengan punya temen, malah makin nambah dosa en nggak buat kita jadi lebih maju, nyatain ajah sorry ya lagih sibuk nich, ato gue-lo.. End!!. Truz lanjutannya cari ajah temen gaul yang laen, yaah kta si eyang juga, dunia nggak semini daun kelor kan, slow down ajah teman. 
Betewe, buat korban- korbannya, yah udah pasti bisa ditebak la, tuh orang yang hobi ngegosip pasti bakal jadi public enemy Nomor satu. Tapi pren, jangan pada sedih deh, walo mereka dah jelas- jelas nyakitin kamu dengan seribu satu fitnah en gosip yang nggak bener. Soalnya Diriwayatkan oleh Abu Ummah al-Bahili, di akhirat seorang akan terkejut apabila melihat cacatan amalan kebaikan yang tidak pernah dilakukannya didunia. Maka, dia berkata kepada Allah "Wahai Tuhan ku, dari manakah datangnya kebaikan yang banyak ini, sedangkan aku tidak pernah melakukannya". Maka Allah menjawab : "Semua itu kebaikan (pahala) orang yang mengumpat engkau tanpa engkau ketahui".
Masyaallah, buru- buru ajah nyudahin tuh yang namanya gosip.Soalnya selain ngebuat kita nggak pinter, btingkah kya gitu juga ngebuat kita rugi. Gimana nggak, capek- capek kebaikan kita kumpulin, en jatah hari nggak kan mungkin balik, eh ini malah dengan sante nya ngebuang- buang catatan kebaikan sendiri. Waw, super duper Rugi!!. Nah tar pas dah nrima buku amal yang bakal ngedisplay semua daftar dosa- dosa kita, walaah bakal nangis ampe bguling- guling karena nyesel kali` si orang- orang yang suka ngegosip tuh. Nggak percaya, cek yang dibawah niy okay!!
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, katanya Rasulullah bersabda : “Tahukah kamu apa arti  bangkrut / rugi?” Jawab para sahabat, “ Orang yang rugi menurut kami ialah orang yang tidak punya uang dan tidak punya harta.” Sabda Nabi, ” Sesungguhnya orang yang bangkrut  dari umatku ialah (orang) yang datang pada hari kiamat dengan membawa amalan shalat, puasa dan zakat, dan membawa dosa karena dia pernah mencaci-maki (menggunjing/meng-ghibah) orang lain (sesama muslim), menuduh-nuduh orang, pernah memakan harta orang, pernah membunuh orang serta dia pernah memukul orang lain. Kemudian dia menanti orang ini menuntut dan mengambil pahalanya (sebagai tebusan) dan orang itu mengambil pula pahalanya. Bila pahala-pahalanya habis sebelum selesai tuntutan dan ganti tebusan atas dosa-dosanya maka dosa orang-orang yang menuntut itu diletakkan di atas bahunya lalu dia dihempaskan ke api neraka.” (HR. Muslim no.2211)
Pernah nggak pada mikir, kasian banget kan kalo sampe mereka yang kena jadi bahan gosip jadi di cap jelek?. Teman, Bukankah semua orang tuh punya sisi baik dan buruk?. Slama kita masih punya titel manusia, salah pasti tetep bakalan ada. Nich termasuk kamu juga loh.  So, kalo emang faktanya dia jelek, cobalah cari sisi bagusnya. 
Trus buat kamu yang udah ngerasa pernah ngegosipin siapapun, buru- buru minta maaf deh, soalnya Rasulullah S.A.W. bersabda : "Awaslah daripada mengumpat kerana mengumpat itu lebih berdosa daripada zina. Sesungguhnya orang melakukan zina, apabila dia bertaubat, Allah akan menerima taubatnya. Dan sesungguhnya orang yang melakukan umpat tidak akan diampunkan dosanya sebelum diampun oleh orang yang diumpat" (Hadis riwayat Ibnu Abib Dunya dan Ibnu Hibbad). 
Jangan lupa juga pren, ingetin temen- temen yang pada ikut klub gosipers, buat nggak nerusin semua perbuatan itu. Untung banget loh, Seperti yang disabdakan Nabi yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Tabhrani, “Barangsiapa yang membela kehormatan saudaranya yang sedang dipergunjingkan, maka Alloh akan membebaskannya dari api neraka.`
Trakir, ...
Teman, Mule sekarang, nggak da ruginya kita barang bentaran ajah pada puasa spik. Cuman ngomonk yang baek- baek en ngedenger yang baek- baek juga,Insyaallah bakal jadi rahmat buat kita en semua orang. Bukankah Allah nyiptain kekurangan ke semua manusia, biar manusia bisa belajar untuk stay humble sama yang laennya? ....

2 komentar:

  1. astagfirloh
    sippp,,tetap share ilmu yaaa

    BalasHapus
  2. sampaikanlah walau satu ayattt

    BalasHapus

Jazakallah